Trafik Bandara Adi Soemarmo Diprediksi Naik 15 Persen di Akhir Tahun

SOLO – Jumlah penumpang pesawat pada libur akhir tahun dipastikan akan meningkat dibanding hari biasa. Diprediksi trafik di Bandara Adi Soemarmo naik hingga 15 persen.

Asisten Manajer Pelayanan Operasional PT Angkasa Pura I Bandara Adi Soemarmo Rini Sri Rahayu menguraikan, pada hari biasa lalu lintas penumpang yang datang dan berangkat di bandara setempat rata-rata 1.700 orang per hari. Saat liburan seperti Natal dan tahun baru, trafik bisa meningkat menjadi 2.200 orang setiap harinya. “Artinya, kenaikan yang terjadi sekitar 15 persen. Mungkin kenaikan jumlah penumpang pesawat ini tidak akan jauh berbeda dengan tahun kemarin,” ujar dia.

Tahun kemarin, kenaikan jumlah penumpang dipicu karena adanya penambahan frekuensi penerbangan. Misalnya Garuda Indonesia dan Sriwijaya Air yang menambah frekuensi tambahan untuk rute Solo-Jakarta.

Sayang, tahun ini belum ada satu maskapaipun yang meminta penerbangan ekstra. Kendati demikian, maskapai Garuda Indonesia sebenarnya baru sebulan kemarin menambah frekuensi penerbangan reguler dari empat kali menjadi lima kali dalam sehari. Permintaan extra flight baru datang dari Batavia Air, namun bukan untuk rute reguler.

Maskapai yang batal diakuisisi Air Asia ini melayani rute reguler Solo-Jakarta, namun pada 21 dan 23 Desember mengajukan penambahan jadwal terbang dengan rute Solo-Makassar. Maskapai ini mengoperasikan armada Boeing 737-500 dengan kapasitas 167 penumpang.”Bandara menyediakan waktu untuk penerbangan tambahan mulai pukul 13.00-15.00. Itu waktu yang masih kosong untuk jadwal penerbangan,” jelasnya. [Arif Haryanto/Sumber: Suara Merdeka]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *