Tommy Soetomo Terpilih Sebagai Salah Satu CEO BUMN Pilihan Tempo 2012

JAKARTA – Direktur Utama PT Angkasa Pura I (Persero) Tommy Soetomo terplih sebagai satu dari enam “CEO BUMN Pilihan Tempo 2012″. Terpilihnya Tommy ini dilakukan melalui serangkaian diskusi yang kadang diwarnai debat keras. Menurut pihak Tempo, jatuhnya pilihan kepada “para nakhoda penabur harapan” ini karena mereka dinilai memiliki karakter, visi, dan keteguhan menghadapi badai persoalan.

Di tengah pusaran berita buruk tentang badan usaha milik negara sebagai sapi perah para politikus, enam CEO BUMN ini memberi bukti bahwa integritas belum sirna. Para chief executive officer ini menaburkan harapan tentang kemampuan perusahaan pelat merah bersaing di tingkat regional dan global.

Tommy Soetomo mulai menjadi nakhoda di tengah situasi ketika karyawan PT Angkasa Pura I sedang bergejolak. Dia mengakhiri demonstrasi dan ketegangan itu dengan pakta normalisasi hubungan kerja. Kendati fisiknya kurang sehat, dia bekerja keras mentransformasi budaya kerja perusahaan menjadi pro terhadap pelayanan publik. Hasilnya, 13 bandara di bawah kelolaan Angkasa Pura Airports terus menunjukkan kinerja yang semakin positif. Ekspansi juga terus dilakukan dengan melakukan pengembangan dan pembangunan bandara untuk mengatasi “lack of capacity”.  Setidaknya, Rp 7 triliun telah disiapkan Angkasa Pura Airports untuk investasi di 2013 nanti.

Mantan Menteri BUMN Sofyan Djalil menilai kinerja Angkasa Pura Airports lebih baik daripada PT Angkasa Pura II. “Juanda adalah satu-satunya bandara yang mendapat sertifikat internasional,” kata Sofyan. Ketua Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) Sudaryatmo menambahkan, fasilitas publik di bandara yang dikelola Angkasa Pura Airports kini jauh lebih baik. Ia menceritakan pengalamannya menjadi juri dalam lomba toilet bandara yang diselenggarakan oleh Kementerian Pariwisata dan Industri Kreatif. “Angkasa Pura Airports bahkan mengirimkan stafnya untuk mengikuti kongres toilet dunia agar tahu perkembangan standar pelayanan toilet,” ujar Sudaryatmo.

Selain Tommy, CEO BUMN Pilihan Tempo 2012 adalah Richard Joost Lino (Direktur Utama Pelindo II), Ignasius Jonan (Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia, I Ketut Mardjana (Direktur Utama PT Pos Indonesia), Nur Pamudji (Direktur Utama PT PLN), serta Dwi Sucipto (Direktur Utama PT Semen Gresik). [Arif Haryanto/Sumber: Tempo]

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *