Sejumlah Media Ikuti Jumpa Pers Bersama Bandara Syamsudin Noor

media-gathering-2

Banjarbaru – Bandara Syamsudin Noor menggelar acara Media Gathering atau jumpa pers pada Rabu (27/12) di CFC yang baru beroperasi 14 Desember lalu. Sebanyak 15 media, mulai dari media cetak, televisi, hingga radio seperti LKBN Antara Biro Kalsel, Banjarmasin Post, Radar Banjarmasin, Media Kalimantan, Trans 7, Net TV, Radio Abdi Persada FM, dan lainnya hadir untuk silaturahmi, sekaligus berdiskusi mengenai perkembangan kinerja Bandara Syamsudin Noor periode 2016, sebagaimana yang disampaikan oleh General Manager, Handy Heryudhitiawan.

“Ada tiga agenda yang akan kita diskusikan pada media gathering kali ini, diantaranya persiapan pra-eksekusi atas 36 bidang di lahan pengembangan bandara baru, kinerja operasional dan capaian Bandara Syamsudin Noor selama tahun 2016, serta monitoring layanan posko Natal dan Tahun Baru,” ungkapnya.

Terkait pra-eksekusi pengosongan lahan pengembangan Bandara Syamsudin Noor, sebelumnya pada 22 Desember lalu telah dilaksanakan rapat persiapan untuk memastikan kegiatan ini berjalan lancar. Rapat tersebut melibatkan pemerintahan, kepolisian, pengadilan negeri, kejaksaan, BPKP, hingga Kelurahan Guntung Payung dan Syamsudin Noor yang terkena dampak pembebasan lahan.

“Intinya mereka siap untuk bahu membahu dan aktif berkoordinasi selama proses pra-eksekusi dan eksekusi, guna mempercepat pembangunan dan pengamanan Bandara Syamsudin Noor. Sebelumnya pada 15 September 2016, kami juga sudah melaksanakan “Aanmaning” atau teguran kepada warga untuk segera mengambil dana ganti rugi lahan ke Pengadilan Negeri Banjarbaru,” ujar Handy Heryudhitiawan.

Dalam hal pelayanan terhadap pengguna jasa, khususnya untuk mengantisipasi lonjakan penumpang menghadapai Natal 2016 dan Tahun Baru 2017, Bandara Syamsudin Noor sudah mempersiapkan layanan Posko Terpadu Natal dan Tahun Baru yang dapat diakses oleh pengguna jasa dan masyarakat umum melalui telepon.

Dari data yang dihimpun dari posko, mulai tanggal 18 sampai 27 Desember 2016 jumlah pesawat yang datang dan berangkat sebanyak 776, atau turun sebesar -12,61% dari tahun 2015 sebanyak 888. Jumlah penumpang yang datang dan berangkat sebanyak 110.611, atau turun sebesar -6,2% dari tahun 2015 yang mencapai 117.917, sedangkan kargo sebanyak 727.664 kg atau turun sebesar  – 31,7% dari tahun lalu sebanyak 1.065.406 kg.

“Penumpang datang dan berangkat paling banyak, terjadi pada tanggal 27 Desember seperti tahun lalu yakni sebanyak 10.064 orang,” tambah Handy Heryudhitiawan.

Tahun 2016 menjadi tahun yang istimewa karena Bandara Syamsudin Noor berhasil meraih sejumlah pencapaian, diantaranya penghargaan Walikota Banjarbaru sebagai pembayar pajak terbesar, penghargaan sebagai pendukung fasilitasi promosi UMKM, serta dukungan perkuatan modal UMKM.

Ada juga penghargaan pelayanan prima pratama dari Kementerian Perhubungan, serta perolehan sertifikat berstandar internasional ISO 9001:2008 untuk kategori pelayanan jasa penumpang pesawat udara / PJP2U. Selain itu tingkat kepuasan penumpang tahun ini juga meningkat jauh dari tahun lalu dari 3,95 menjadi 4,15.

Pelayanan terhadap masyarakat Kalsel juga diharapkan semakin meningkat dengan dibukanya rute-rute baru oleh maskapai Lion Air, Kalstar, dan Wings Air menuju Solo, Makassar, dan Batulicin. Hingga kini, maskapai Batik Air juga sudah membuka penerbangannya dari Banjarmasin ke Bandara Soekarno Hatta, Jakarta. [Humas Bandara Syamsudin Noor]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *