PT Angkasa Pura I Didik 25 Orang Calon JATC

JAKARTA – PT Angkasa Pura I (Persero) bekerjasama dengan Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia (STPI) menyelenggakan pendidikan dan pelatihan 25 orang Calon Junior Air Traffic Controller tahun 2012. Pendidikan ini telah dimulai ditandai dengan pembukaan masa dasar pembinaan fisik, moral dan mental (‘madabintal’) bagi Calon Junior Air Traffic Controller (JATC). Pembukaan ‘madabintal’ ini dilakukan oleh Ketua Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia, Ibu Maryati Karma didampingi oleh Direksi PT. Angkasa Pura I bertempat di Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia, Curug, Tangerang, pada hari Senin tanggal 4 Juni 2012 dan akan berlangsung selama 1 (satu) minggu.

Pelaksanaan Pendidikan dan Pelatihan Calon Junior Air Traffic Controller (JATC) tahun 2012 dilatarbelakangi oleh kebutuhan regenerasi dan mempercepat pemenuhan kebutuhan tenaga Air Traffic Controller  di Indonesia, khususnya di PT Angkasa Pura I (Persero), sekaligus untuk memenuhi kebutuhan pengembangan organisasi.

Pada masa yang lalu, perekrutan tenaga ATC oleh PT Angkasa Pura I adalah dengan menerima langsung lulusan ATC yang dihasilkan oleh STPI (Diploma II sampai dengan Diploma IV). Namun, pelaksanaan penerimaan Calon Junior Air Traffic Controller tahun ini PT Angkasa Pura I bersama-sama dengan STPI melakukan perekrutan tenaga ATC dengan kandidat adalah para Sarjana Strata I (S1) yang kemudian dididik selama 9 bulan untuk menjadi Junior Air Traffic Controller.

Proses perekrutan dimulai sejak tanggal 3 Maret 2012 dilakukan dengan sangat ketat, melalui lima tahapan, yaitu seleksi administrasi, test potensi akademis, test kesehatan, test psikologi, serta wawancara akhir. Dari 453 pendaftar akhirnya diperoleh 25 calon taruna yang saat ini telah siap menempuh pendidikan JATC ini.

Setelah ‘madabintal’ selesai, pelaksanaan Diklat akan dilanjutkan dengan pemberian keahlian (teori dan praktikum) selama kurang lebih 6 bulan, dan dilanjutkan dengan On The Job Training selama 3 bulan di bandara-bandara wilayah kerja PT Angkasa Pura I dan diakhiri dengan ujian sertifikasi untuk mendapatkan lisensi sebagai Air Traffic Controller.

Biaya pendidikan peserta sepenuhnya ditanggung oleh PT Angkasa Pura I dan kelak para lulusan pendidikan JATC ini akan langsung diangkat sebagai Calon Pegawai PT Angkasa Pura I dan ditempatkan di bandara-bandara wilayah kerja PT Angkasa Pura I.

Diharapkan dengan merekrut Calon Junior Air Traffic Controller dengan entry level Sarjana Strata I yang memiliki kecakapan aktif berbahasa inggris, dan memiliki daya imajinasi yang tinggi, serta telah mendapatkan pendidikan yang baik, maka akan dihasilkan kader-kader Air Traffic Controller yang lebih siap dalam menghadapi perkembangan lalu lintas penerbangan yang semakin padat dan penggunaan tekhnologi yang semakin canggih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *