Pertunjukan Kesenian Khas Kabupaten Kediri Hadir di Bandara Juanda

img_0718-30-12-16-05-58

Sidoarjo – Dalam rangka menyukseskan program Culture Port sebagai upaya mengenalkan budaya Jawa Timur kepada para penumpang, Bandara Internasional Juanda bekerja sama dengan Dinas Pariwisata Kabupaten Kediri menyelenggarakan pertunjukan kesenian khas Kabupaten Kediri di ruang tunggu Terminal 1 Bandara Juanda. Pertunjukan dimulai tepat pukul 11.00 WIB pada Jumat (30/12), dan dibuka dengan penampilan kesenian Bantengan.

Acara ini diisi dengan beberapa penampilan kesenian dari kabupaten yang dijuluki “kota tahu”, diantaranya Karawitan, Bantengan, Tari Barongan, dan Tari Panji Bumi. Penampilan kesenian kali ini banyak menyita perhatian pengunjung, beberapa diantaranya menyempatkan berhenti dan melihat pertunjukan hingga selesai.

Musrifa, salah satu penumpang asal Bojonegoro dengan tujuan penerbangan Balikpapan menyatakan, “Bagus sekali acara seperti ini, harus terus diadakan, karena kesenian tradisional Indonesia ini patut dilestarikan supaya tidak hilang dari peredaran. Jika bukan dari diri kita yang mulai mengenalkan, siapa lagi?”

Pertunjukan ini tidak hanya menyuguhkan tarian yang dikolaborasikan dengan musik Karawitan, ada juga penjelasan sekilas dari salah satu anggota grup Karawitan mengenai makna dari tarian dan kesenian yang telah diperagakan. Dengan ini, pengunjung tidak hanya terhibur dan menikmati, tapi juga mengenal kesenian khas Kabupaten Kediri. [Humas Bandara Juanda]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *