Penumpang di Bandara Angkasa Pura Airports Naik 11% Selama Libur Natal 2015 dan Tahun Baru 2016

Doa Bersama Syukuran Penutupan Posko di Bandara SAMS Sepinggan
Doa Bersama Syukuran Penutupan Posko di Bandara SAMS Sepinggan

Bandara Adi Soemarmo Solo menjadi bandara yang mengalami peningkatan pergerakan penumpang dan pergerakan pesawat terbesar tahun ini jika dibandingkan tahun sebelumnya. Pergerakan penumpang tercatat naik 49,04% dan pergerakan pesawat meningkat 36,25%.

Jakarta – Angkasa Pura Airports mencatat peningkatan pergerakan penumpang  sebesar 11,27% selama periode liburan Natal 2015 dan Tahun Baru 2016 di 13 bandara yang dikelolanya.

“Angka ini berdasarkan pemantauan Layanan Posko Terpadu Angkutan Natal 2015 dan Tahun Baru 2016 di masing-masing bandara mulai 18 Desember 2015 hingga 8 Januari 2016. Penumpang tahun ini tercatat 5,38 juta orang, naik 11,27% dari tahun sebelumnya yang tercatat sebanyak 4,83 juta penumpang,” ujar Corporate Secretary Angkasa Pura Airports Farid Indra Nugraha.

Menurut Farid, peningkatan pergerakan penumpang terbesar terjadi pada 3 Januari 2016, dimana terjadi peningkatan penumpang sebesar 16,85% dibandingkan tahun sebelumnya. Sedangkan untuk pergerakan pesawat, tahun ini tercatat 41 ribu pergerakan, meningkat sebesar 5,11% dari tahun sebelumnya yang berjumlah 39 ribu pergerakan. Pergerakan pesawat terbanyak terjadi pada 21 Desember 2015.

Berdasarkan data Posko Terpadu Angkutan Natal 2015 dan Tahun Baru 2016 Angkasa Pura Airports, Bandara Adi Soemarmo Solo menjadi bandara yang mengalami peningkatan pergerakan penumpang dan pergerakan pesawat terbesar tahun ini jika dibandingkan tahun sebelumnya. Pergerakan penumpang tercatat naik 49,04% dan pergerakan pesawat meningkat 36,25%.

Layanan Posko Terpadu Angkutan Natal 2015 dan Tahun Baru 2016 Angkasa Pura Airports telah ditutup 8 Januari 2016 lalu. Secara keseluruhan, pelaksanaan kegiatan monitoring, pengamanan, dan layanan kesehatan di posko yang digelar di 13 bandara yang dikelola Angkasa Pura Airports berlangsung lancar dan terkendali. Layanan posko ini melibatkan unsur-unsur instansi yang ada dalam komite transportasi udara, seperti TNI/Polri, Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP), Otoritas Bandara, Basarnas, BMKG, dan instansi terkait lainnya. Posko ini bertujuan untuk memberikan informasi serta melayani pengguna jasa bandara dan ditempatkan pada lokasi yang strategis dan mudah dijangkau. Selain posko terpadu di tiap bandara, Angkasa Pura Airports juga membuka posko di Kantor Pusat Angkasa Pura Airports, Kemayoran, Jakarta. Posko ini dioperasikan untuk memantau situasi bandara-bandara Angkasa Pura Airports melalui fasilitas CCTV serta menerima laporan dari setiap posko yang ada di bandara.

Selama liburan Natal 2015 dan Tahun Baru 2016 ini bandara-bandara milik Angkasa Pura I juga melakukan beberapa langkah untuk mengatasi lonjakan penumpang. “Misalnya dengan penambahan fasilitas kursi di ruang tunggu, pengadaan fasilitas troli baru, pemasangan kanopi di area kedatangan atau area keberangkatan, dan sebagainya. Upaya-upaya tersebut kami laksanakan guna memberikan pelayanan dan menambah kenyamanan para pengguna jasa bandara,” imbuh Farid. [Pardika/Arif]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *