Pelatihan Hot Drill di Bandara Internasional Lombok

_mg_1965

Praya – Dalam rangka meningkatkan kemampuan pengetahuan dan keterampilan personel ARFF Bandara Internasional Lombok untuk menghadapi keadaan gawat darurat di Bandar Udara, diadakan Pelatihan Hot Drill Tahun 2016 pada Rabu pagi (14/12), pukul 09.00 WITA.

Peserta pelatihan ini tidak hanya ARFF, tapi juga mengundang Aviation Security, AMC, Airnav Districk Lombok, dan Kantor Kesehatan Pelabuhan Lombok International Airport.

Tujuan pelatihan ini adalah untuk menguji keterampilan personel dalam operasi pertolongan pemadam dan evakuasi, serta menguji keterampilan dalam penggunaan alat pertolongan pemadam dan evakuasi. Kendaraan operasi yang digunakan dalam kegiatan Hot Drill ini antara lain F2 (Foam Tender Type IV), f3 (Foam Tender Type IV), 2 Ambulans, Comando Car, Utility Car, dan Nurse Tender.

Pada simulasi kali ini, pihak bandara membuat skenario mesin pesawat terbakar sesaat sebelum landing, kemudian pesawat tidak terkendali saat landing, dan langsung swing ke kanan. Mesin pesawat meledak dan menimbulkan kobaran api yang sangat besar. Tim ARFF langsung menuju lokasi untuk melakukan pertolongan dan evakuasi korban dengan jumlah meninggal 2 orang, luka berat 5 orang, luka ringan 10 orang, dan korban tidak cedera 56 orang, total seluruhnya 73 orang.

Respon time yang dilakukan ARFF pada latihan Hot Drill kali ini 1 menit 37 detik, dengan total waktu evakuasi dan operasi 19 menit. [Humas Bandara Lombok]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *