Mulai 2013, 25 Bandara Komersial Tak Lagi Dapat Jatah APBN

 

JAKARTA Terhitung mulai Januari 2013, skema bisnis baru dalam industri kebandarudaraan akan diterapkan oleh pemerintah. Menurut skema ini, pengembangan untuk sisi udara (air side) di 25 bandara komersial yang dilakukan PT Angkasa Pura I dan II tak lagi mendapatkan dana APBN dan harus dibiayai sendiri oleh dua BUMN tersebut. Ketentuan ini diatur dalam Peraturan Pemerintah (PP) No. 40 Tahun 2012 tentang Pembangunan dan Pelestarian Lingkungan Hidup Bandar Udara.

Menurut Direktur Bandara Ditjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Ignatius Bambang Tjahjono, dana APBN mulai 2013 hanya digunakan untuk bandara di daerah yang berada di wilayah terisolasi, perbatasan, rawan bencana, serta bandara yang belum diusahakan yang diselenggarakan oleh unit penyelenggara bandara pemerintah.

“Sampai akhir tahun ini, pengembangan sisi air side di 25 bandara yang dikelola oleh PT Angkasa Pura I dan II masih didanai APBN meski PP sudah terbit pada Maret lalu. Aturan itu baru efektif mulai Januari 2013. Nantinya, PT Angkasa Pura I dan II mandiri dan tak tergantung lagi dari APBN, karena mereka sudah sangat untung dari mengelola bandara-bandara itu,” katanya.  [AH]

Sumber: Investor Daily

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *