Menjelang Natal dan Tahun Baru, Bandara Adisutjipto Selenggarakan Rapat Koordinasi Bersama Komunitas Bandara

3

Yogyakarta – Bandara Internasional Adisutjipto Yogyakarta selenggarakan rapat koordinasi bersama Komunitas Bandara terkait persiapan posko menjelang Natal dan Tahun Baru 2017, pada Selasa (6/12).

Dipimpin langsung General Manager Bandara Internasional Adisutjipto, rapat dihadiri oleh seluruh komunitas bandara dan instansi yang terlibat, seperti Lanud Adisutjipto, Paskas, Polda, dan Basarnas.

Tujuannya untuk mengkomunikasikan dan menguatkan koordinasi mengenai persiapan pelaksanaan Posko Natal dan Tahun Baru yang dijadwalkan terhitung mulai 18 Desember 2016 (H-7 Natal) sampai 8 Januari 2017 (H+7 Tahun Baru).

Berdasarkan Surat Edaran Direktur Jenderal Perhubungan Udara Nomor: SE.26 Tahun 2016 Tentang Pelaksanaan Angkutan Udara Natal 2016 dan Tahun Baru 2017 Direktur Jenderal Perhubungan Udara, serta Instruksi Direktur Jenderal Perhubungan Udara Nomor: INST.7 Tahun 2016 Tentang Pelaksanaan Angkutan Udara Natal Tahun 2016 dan Tahun Baru 2017, dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat saat masa Natal 2016 dan Tahun Baru 2017 terkait dengan kelancaran, ketertiban, dan keselamatan penyelenggaraan Angkutan Natal 2016 dan Tahun Baru 2017 di Bandara Adisutjipto, Yogyakarta, PT Angkasa Pura I (Persero) berkoordinasi dengan seluruh komunitas untuk memfasilitasi adanya posko terpadu guna membantu kelancaran arus liburan Natal dan Tahun Baru.

Upaya ini tidak hanya dilakukan dengan mendirikan Posko Terpadu oleh Angkasa Pura Airports, tapi juga melibatkan Kantor Kesehatan Pelabuhan untuk mendirikan Posko Kesehatan, serta pihak airlines dan ground handling terkait dengan Posko Monitoring. Ketiganya memiliki fungsi tugas masing-masing, yaitu:

  1. Posko Terpadu (Keamanan)

Melaksanakan pengawasan dan pemantauan terhadap segala kemungkinan terjadinya tindakan melawan hukum di Bandar Udara, melakukan monitoring keamanan di area publik bandar udara, serta berkoordinasi dengan personel Airport Security terkait area keamanan bandar udara.

  1. Posko Data Monitoring

Melakukan monitoring dan updating data pergerakan pesawat, penumpang dan barang, serta melaporkan kepada Direktorat Jenderal Perhubungan Udara dan Kantor Pusat PT Angkasa Pura I (Persero) mengenai data pergerakan pesawat, penumpang, dan barang setiap dua jam.

  1. Posko Kesehatan

Membantu penumpang/pengguna jasa bandar udara yang membutuhkan bantuan pelayanan kesehatan/bantuan tenaga medis.

Pada penghujung rapat koordinasi, General Manager Bandara Adisutjipto, Agus Pandu Purnama, sebagai pemimpin rapat kembali mengajak seluruh pihak yang terlibat agar dapat melancarkan kegiatan tersebut secara bersama-sama.

“Menjadi tugas kita bersama untuk memberikan pelayanan bagi para pengguna jasa. Tidak hanya itu, keamanan dan kenyamanan perlu kita jaga, khususnya selama arus libur panjang Natal dan Tahun Baru 2017 nanti. Koordinasi, komunikasi, dan pelaporan yang tepat perlu digalakkan secara rutin selama kegiatan Posko Terpadu berlangsung nantinya,” tegas Agus. [Humas Bandara Adisutjipto]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *