Mantapkan Pelayanan, Bandara Syamsudin Noor Tanda Tangani MoU dengan dengan Bandara Tjilik Riwut Palangkaraya

Banjarbaru – Manajemen Bandara Syamsudin Noor melakukan penandatanganan MoU atau kesepakatan bersama antara Angkasa Pura Airports Bandara Syamsudin Noor dan Perum LPPNPI Cabang Pratama Banjarmasin, dengan Unit Penyelenggara Bandar Udara Kelas I Tjilik Riwut Palangkaraya dan Perum LPPNPI Cabang Pratama Palangkaraya pada Senin, 27 Februari 2017.

Penandatanganan tersebut selain dihadiri oleh pimpinan masing-masing pihak juga disaksikan oleh Kepala Otoritas Bandara Wilayah III, Dadun Kohar dan Direktur Teknik Angkasa Pura Airports, Polana B. Pramesti

“Hari ini merupakan sejarah bagi Angkasa Pura Airports khususnya Bandara Syamsudin Noor karena untuk pertama kalinya melakukan kerjasama lintas bandara dari lintas instansi. Kerjasama kali ini yakni tentang Pelayanan Kesiapan dan Contigency Plan Penanganan Accident di Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin atau Bandara Tjilik Riwut Palangkaraya,” ujar Handy Heryudhitiawan, General Manager Bandara Syamsudin Noor.

Lebih lanjut Kepala Otoritas Bandara Wilayah III, Dadun Kohar menambahkan, “Kesepakatan bersama ini dimaksudkan sebagai pedoman pelaksanaan koordinasi dan komunikasi antara Angkasa Pura Airports Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin dan Perum LPPNPI Cabang Pratama Banjarmasin, dengan UPBU Tjilik Riwut Palangkaraya dan Perum LPPNPI Cabang Pratama Palangkaraya dalam rangka kesiapan penyelenggaraan penerbangan di luar jam operasional UPBU Tjilik Riwut Palangkaraya untuk mengatasi keadaan darurat di Bandara Syamsudin Noor atau sebaliknya,” ungkapnya.

Adapun salah satu tugas dan tanggung jawabnya yakni melaksanakan Removal Disabled of Aircraft (RDA) pada pesawat udara yang mengalami accident yang terjadi di bandara setelah enam jam dan mendapat persetujuan Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT).

“Selain itu juga bertanggung jawab menyiapkan fasilitas moda transportasi darat jika perusahaan penerbangan mengambil keputusan untuk mengalihkan penerbangan (reroute) bagi pengguna jasa Bandara Syamsudin Noor ke Bandara Tjilik Riwut atau sebaliknya,” tambah Handy Heryudhitiawan.

Untuk Perum LPPNPI sendiri sebagai lembaga penyedia jasa navigasi penerbangan salah satunya bertugas melaksanakan koordinasi antar pihak perum LPPNPI Cabang Pratama Banjarmasin dan Cabang Pratama Palangkaraya atau sebaliknya.

Penandatanganan MoU dilaksanakan sekitar pukul 10.00 WITA antara General Manager Bandara Syamsudin Noor, Handy Heryudhitiawan dan General Manager Perum LPPNPI Cabang Pratama Banjarmasin, Hartoyo dengan Kepala UPBU Kelas I Tjilik Riwut Palangkaraya, Paryono dan General Manager Perum LPPNPI Cabang Pratama Palangkaraya, Buyung Prastiyono. MoU juga menuangkan dengan jelas saluran-saluran komunikasi yang digunakan untuk mempermudah koordinasi antar bandara. [Humas Bandara Syamsudin Noor]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *