Lima Bandara Disiapkan untuk ASEAN Open Sky 2015

JAKARTA – Pemerintah menyiapkan lima bandar udara internasional di tanah air untuk memasuki era baru liberalisasi penerbangan. Bandara-bandara tersebut akan masuk dalam ASEAN Open Sky yang pelaksanaannya dimulai pada tahun 2015 mendatang. Lima bandara internasional yang disiapkan adalah yakni Bandara Soekarno-Hatta (Jakarta), Ngurah Rai (Bali), Juanda (Surabaya), Sultan Hasanuddin (Makassar), dan Kuala Namu (Medan).

Menurut Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Herry Bhakti, alasan dipilihnya kelima bandara tersebut karena memang sudah melayani penerbangan internasional. Selain itu, kelima bandara tersebut juga sudah siap dari segi infrastruktur. Kelengkapan air safety and security juga telah dimiliki. “Kenapa kita pilih airport ini, pertama, memang sudah ada penerbangan internasional. Secara security juga sudah siap. Yang lima ini sudah siap,” kata Herry di sela-sela Airlines Day 2012 di Jakarta, Selasa (3/4).

Namun menurut Herry, jumlah bandara yang mungkin akan ikut serta dalam ASEAN Open Sky bisa akan bertambah lagi ke depannya. “Mungkin ke depannya berkembang,” katanya. [AH]

Sumber: Kompas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *