Latihan Penanggulangan Keadaan Darurat (PKD) Dirgantara Raharja ke-84 di Bandara El Tari

IMG_9041

Akibat peristiwa ini dua penumpang tewas, 15 penumpang luka berat, dan 78 penumpang luka ringan.


KUPANG – Pesawat Angkasa Air Boeing 737- 400 dengan nomor penerbangan KOE-084 yang berangkat dari Jakarta menuju Kupang gagal mendarat di Bandara El Tari, Kupang, Kamis (03/09) pagi.

Pesawat yang membawa 95 penumpang ini mengalami swing ke kiri dan keluar 200 meter dari landasan dan terbakar di sektor C11 pada grid map Bandara El Tari. Akibat peristiwa ini dua penumpang tewas, 15 penumpang luka berat, dan 78 penumpang luka ringan.

Tak lama kemudian terjadi kebakaran di ruangan Kantor Imigrasi, Bea Cukai, dan Karantina di terminal kedatangan internasional Bandara El Tari. Beberapa penumpang yang sedang menunggu bagasi panik dan berhamburan menuju ke pintu keluar. Akibatnya, lima penumpang luka sedang dan tiga orang luka ringan karena terjatuh dan benturan. Selain itu dua orang penumpang tak sadarkan diri karena menghirup asap. Para korban dievakuasi oleh anggota Panitia Pembina Keselamatan dan Kesehatan Kerja (P2K3) dan langsung ditangani oleh Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP).

Berselang satu jam, petugas keamanan menemukan tas ransel di depan konter Customer Services Komodo Air yang diduga berisi rangkaian bom. Komandan satuan gegana Brimob Polda NTT memerintahkan anggotanya untuk mengamankan dan mengevakuasi rangkaian bom ke tempat yang aman. Rangkaian bom aktif dibawa keluar bandara untuk dilakukan pemusnahan.

Rangkaian kejadian tersebut merupakan bagian dari skenario Latihan Penanggulangan Keadaan Darurat (PKD) Dirgantara Raharja ke-84 Angkasa Pura Airports yang digelar di Bandara El Tari Kupang. Latihan ini melibatkan sekitar 329 personil dari berbagai instansi, seperti Perum LPPNPI Kantor Cabang Kupang, Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas III El Tari Kupang, RS Wira Sakti Kupang, RS TNI AU El Tari, RS Bhayangkara Kupang, RSUD WZ Johanes Kupang, Puskesmas Penfui, PMI Kupang, Kantor SAR Kelas B Kupang, Pemadam Kebakaran Kota Kupang, Disaster Victim Investigation (DVI), TNI AU Lanud El Tari Kupang, Tim BRimob POLDA NTT, Lanudal El Tari Kupang, Kesatuan Pelaksana Pengawasan Pelabuhan Udara (KP3U) El Tari Kupang, dan personil Angkasa Pura Airports Bandara El Tari Kupang.

“Kegiatan Latihan PKD seperti ini merupakan komitmen Angkasa Pura Airports untuk mewujudkan keselamatan dan keamanan penerbangan sekaligus wujud tanggung jawab kami sebagai pengelola bandara”, jelas Operation Director Angkasa Pura Airports Yushan Sayuti. (Pardika DRS/Zarra Istyana)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *