Konsep Airport City untuk Lima Bandara Angkasa Pura Airports

JAKARTA – Menyusul keputusan pemerintah yang akan menghapus porsi pembiayaan APBN dalam pengembangan sisi udara (airside) di 25 bandara komersial mulai Januari 2013, Angkasa Pura Airports menyiapkan konsep airports city untuk lima bandara miliknya.

Kelima bandara yang akan dikembangkan dengan konsep tersebut adalah Ngurah Rai (Bali), Sepinggan (Balikpapan), Hasanuddin (Makassar), Juanda (Surabaya), serta bandara baru Yogyakarta. Menurut Direktur Komersial Angkasa Pura Airports Robert Waloni, pihaknya tengah mematangkan konsep baru kebandarudaraan ini. Angkasa Pura Airports akan mengoptimalkan pendapatan dari sektor non-aero, yang ditargetkan akan mencapai 60% pada 2020 nanti. Saat ini, pendapatan non-aero baru dikisaran 23% saja.

Untuk menggenjot pendapatan non-aero, maka konsep airport city ini akan dikembangkan. Dengan konsep ini maka bisnis baru di sekitarnya akan muncul. Dalam pengembangan airport city, tak hanya dibangun terminal saja, namun juga area komersial disekitarnya, seperti hotel, area perdagangan, sampai fasilitas rekreasi dan olahraga.

Robert yakin dengan memiliki airport city maka Angkasa Pura Airports akan bisa dengan mudah mendulang dana dari pihak ketiga. “Konsep fully commercial airports akan semakin meningkatkan kelayakan bandara di mata investor. Selain itu, pengelolaan bandara juga akan semakin efisien dan kompetitif,” katanya. [Arif] 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *