Jam Operasional Bandara Adi Soemarmo Segera Ditambah

SOLO – Komandan Pangkalan Udara Adi Soemarmo Solo Kolonel (Pnb) Kusworo memberi sinyal positif bahwa dalam waktu dekat jam operasional Bandara Adi Soemarmo Solo bakal ditambah.

“Saat ini memang sudah dalam tahap pembahasan. Kebetulan dari pusat datang ke Solo dan melihat potensi serta perkembangan ke depannya. Jadi, masukan dari maskapai dan masyarakat sudah kami sikapi bersama manajemen bandara,” ujarnya.

Kusworo mengatakan, dalam waktu dekat pihaknya siap menambah jam operasional dengan ijin sementara maupun dengan operasional sesungguhnya.

Penambahan dengan ijin sementara ini diharapkan bisa tembus atas dasar surat dari kepala bandara. Sementara, dengan operasional sesungguhnya atau reguler sampai malam, masih diperhitungkan terlebih dahulu karena selama ini baru ada satu penerbangan yang masuk malam, yakni Sriwijaya Air.

” Untuk jangka panjang, ada rencana bahwa Lion Air dan Garuda Indonesia juga akan menambah fligth dan berniat home base di Bandara Adi Soemarmo. Ini akan menjadi bahan bagi kami untuk memperjuangkan penambahan jam operasional. Jika minimal sudah ada tiga atau lima penerbangan masuk bandara pada malam hari, maka jam bisa segera ditambah,” tuturnya.

Selama ini, bandara secara reguler buka hanya sampai pukul 19.00 WIB. Bandara bisa buka lebih dari jam tersebut hanya kalau ada permintaan. Untuk rencana awal, Bandara Adi Soemarmo Solo bakal menambah jam operasional sampai dengan pukul 21.00 WIB. “Sebenarnya, secara infrastruktur, seperti sumber daya manusia sudah tersedia cukup. Kemudian, seperti saat musim haji kami juga bisa operasi 24 jam. Jadi, pada dasarnya kami bisa menambah jam kerja asal sudah ada ijin dari pusat,” ujarnya.

Sementara itu, General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Adi Soemarmo Solo Abdullah Usman, membenarkan pihaknya bersama Komandan Lanud sedang menggodok rencana penambahan jam operasional hingga pukul 21.00 WIB.

“Selama ini banyak pekerja dan pebisnis dari Jakarta pulang ke Solo tapi lewat Jogja,” kata Abdullah.

Rencana penambahan jam kerja ini pun menyikapi semakin ramainya bandara internasional tersebut. Sejumlah maskapai baru pun mulai melirik masuk ke Solo.

“Potensi maskapai baru masuk atau menambah frekuensi penerbangan masih cukup besar. Dari slot time penerbangan yang ada, kami baru saja mendata bahwa di pukul 08.00 WIB, 10.00 WIB, 16.00 WIB dan 20.00 WIB masing-masing masih ada dua slot time yang masih bisa diisi. Kalau jam lain, sudah ada empat penerbangan naik-turun Solo,” katanya. [AH]

Sumber: Solopos

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *