BIL Terbangkan Jemaah Calon Haji Langsung ke Jeddah

LOMBOK Bandara Internasional Lombok (BIL) hari ini (21/9) pukul 11.15 WITA resmi menerbangkan jemaah calon haji kloter pertama dari Nusa Tenggara Barat (NTB) langsung menuju Bandara King Abdul Aziz, Jeddah, Arab Saudi. Artinya, inilah untuk pertama kalinya jemaah calon haji asal NTB, dapat terbang langsung dari Lombok setelah selama 10 tahun terakhir mereka harus berangkat dari embarkasi Juanda, Surabaya. Acara pelepasan jemaah calon haji kloter pertama yang berjumlah 325 orang ini dihadiri juga oleh Gubernur NTB TGH Zainul Majdi beserta staf.

Jemaah haji asal NTB tahun ini mencapai 4.563 orang, dan terbagi dalam 15 kloter, yang akan berangkat mulai 21 September hingga 17 Oktober 2012 mendatang. Waktu tempuh penerbangan dari BIL  ke Jeddah diperkirakan 11 jam. Para jemaah akan diangkut dengan pesawat Airbus A-330 200 Garuda Indonesia.

Penetapan BIL sebagai embarkasi dan debarkasi haji NTB ditetapkan melalui SK Menteri Agama RI Nomor 71 Tahun 2012 tanggal 29 Mei 2012. Menurut Kepala Kanwil Kementerian Agama NTB Lalu Suhaimi Ismy, dengan embarkasi/debarkasi sendiri ini, maka calon jemaah haji dari NTB bisa menghemat biaya transportasi sekitar Rp11 miliar. “Penghematan biaya transportasi 4.563 calon jemaah haji dari NTB diperkirakan hingga mencapai Rp11 miliar,” kata Suhaimi.

Sedangkan pemulangan jemaah haji nantinya akan dilaksanakan dalam dua gelombang, yaitu gelombang pertama dimulai dari 20 September hingga 4 Oktober 2012, dan gelombang kedua dimulai 6 hingga 15 Oktober 2012, menggunakan pesawat Garuda Indonesia Boeing 767.

Direktur Utama PT Angkasa Pura I (Persero) menyampaikan terimakasih kepada semua pihak atas bantuan dan perhatian yang diberikan sehingga penerbangan perdana calon jemaah ahji langsung dari BIL menuju Jeddah dapat terlaksana. Dengan dibukanya penerbangan langsung BIL – Jeddah ini maka harapan masyarakat NTB untuk memiliki bandara embarkasi haji telah terpenuhi. [Arif Haryanto]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *