Bandara Sam Ratulangi Gelar Penanggulangan Narkoba dan Obat Terlarang

fb_img_1480506233763

Manado – “Penyalahgunaan dan peredaran gelap Narkoba (Narkotika, Psokrotopika dan
bahan Adiktif lainnya) di Indonesia menjadi hambatan pembangunan sumber daya manusia khususnya generasi muda. Kita harus mawas diri dan keluarga, akan dampak negatif dari narkoba,” ucap Nugroho Jati, General Manager Bandara Sam Ratulangi, saat membuka kegiatan Pelatihan, Pengenalan Narkoba, dan Obat-Obat Terlarang bersama BNN Provinsi Sulut sebagai narasumber pada pukul 09.00 WITA di Classroom AFFR.

Jati juga menambahkan, “Bandara adalah pintu masuk paling rawan akan narkoba, apalagi dilihat dari jumlah penumpang internasional yang melonjak drastis, khususnya dari Cina. Petugas security (avsec), baik secara insting, nalar (soft skill), maupun menggunakan teknologi pendeteksi narkoba (hard skill), harus cermat dan cepat dalam mengawasi masuknya narkoba di bandara.”

Ia juga berkata bahwa upaya preventif dengan mengoptimalkan patroli juga harus berjalan. Hal ini untuk membantu mapping terhadap target sasaran penumpang dengan barang bawaan, baik di terminal maupun di cargo yang rawan akan penyelundupan narkoba.

Kepala BNN, Kombes Charles Himlir Ngii, yang hadir saat itu membeberkan bahwa dalam lingkungan kerja, narkoba menjadi hal yang sangat berbahaya dan harus dihindari. Karena pengaruh narkoba terhadap pekerja memberikan dampak yang sangat merugikan bagi yang bersangkutan, juga bagi instansi pemerintah atau swasta.

“Konsumsi narkoba akan mengakibatkan penurunan kinerja, kesigapan fisik, dan kemampuan berpikir. Sebuah pekerjaan bisa dikatakan “safety sensitive” jika ketidakcakapan pekerja akibat pengaruh narkoba bisa berdampak langsung dan beresiko besar terhadap diri sendiri, pekerjaan lain, atau lingkungan,” pungkasnya.

Kegiatan ini diikuti oleh 40 orang, diantaranya avsec (Aviation Security), dan AP Logistik. Selanjutnya, secara bergilir para peserta mendeteksi narkoba dengan mengisi pot urine dengan diawasi pengawas dari BNN Sulut. [Humas Bandara Sam Ratulangi]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *