Bandara Juanda Siap Beroperasi 24 Jam Nonstop

SIDOARJO – Terkait rencana pengoperasian 24 jam nonstop setiap hari, Bandara Internasional Juanda menyatakan kesiapannya. Pihak PT Angkasa Pura I Bandara Juanda selaku pengelola bandara yang terletak di Kabupaten Sidoarjo itu saat ini hanya tinggal melakukan pengkajian dengan pihak terkait seperti kantor bea cukai dan imigrasi.

PT Angkasa Pura I juga tinggal melakukan pembenahan terutama di bagian sumber daya manusia (SDM) baik di bagian operasional udara maupun darat. Penambahan SDM akan dilakukan di antaranya di bagian air traffic control (ATC).

Menurut General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Juanda Trikora Harjo, pihaknya sudah menerima surat dari Dirjen Perhubungan Darat. Dalam suratnya tersebut Dirjen Perhubungan Darat meminta agar segera dilakukan pengkajian, apakah Bandara Juanda siap beroperasi 24 jam.

Selain untuk meningkatkan pelayanan kepada pengguna jasa transportasi udara, pengoperasian bandara 24 jam juga untuk menjawab terus meningkatnya jumlah penumpang pesawat. “Penerbangan pesawat pada malam hari bahkan juga tetap diminati pengguna jasa transportasi udara,” kata Trikora.

Jumlah penumpang di Bandara Juanda ini setiap tahun mencapai 12 juta orang. Bahkan pada tahun 2011 lalu jumlah penumpang hampir mencapai 14 juta orang. Padahal bandara yang dibangun tahun 2007 ini hanya berkapasitas 6,5 juta penumpang per tahun. Adapun empat bandara lain yang direncanakan beroperasi hingga 24 jam yaitu Bandara Soekarno-Hatta (Jakarta), Ngurah Rai (Bali), Kuala Namu (Medan), dan Sultan Hasanuddin (Makassar). [AH]

Sumber: Media Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *