Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali, The Most Improved Airport in Asia-Pacific 2015

Bandara I Gusti Ngurah Rai Most Improved Airport 2015

Survei Airport Service Quality (ASQ) ini melibatkan 550 ribu penumpang dari 300 bandara internasional di 80 negara. Bandara I Gusti Ngurah dinilai sebagai bandara yang mengalami kemajuan pesat dalam memberikan pelayanan kepada penumpang.

Queensland – Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali berhasil meraih penghargaan sebagai “The Most Improved Airport in Asia-Pacific 2015” dan “The 3rd Best Airport in The World 2015″ di kategori bandara dengan 15 hingga 25 juta penumpang per tahun menurut survei Airport Service Quality (ASQ) yang dilakukan oleh Airport Council International (ACI).

Director General ACI Angela Gittens menyerahkan secara langsung penghargaan tersebut kepada General Manager Bandara I Gusti Ngurah Rai Trikora Hardjo di sela-sela acara The 11th ACI Asia-Pacific Regional Assembly di Gold Coast Convention and Exhibition Centre, Gold Coast, Queensland, Australia, Selasa (19/4).

“Penghargaan ini diberikan berdasarkan hasil survei ASQ yang dilakukan ACI selama periode 2015. Prestasi ini merupakan hasil kerja keras bersama. Kami sangat bangga dan bersyukur atas pencapaian ini,” ujar Trikora.

Survei Airport Service Quality (ASQ) ini melibatkan 550 ribu penumpang dari 300 bandara internasional di 80 negara. Bandara I Gusti Ngurah dinilai sebagai bandara yang mengalami kemajuan pesat dalam memberikan pelayanan kepada penumpang. Gelar “The Most Improved Airport” ini mengacu pada kualitas pelayanan yang berhasil ditingkatkan oleh bandara ini setiap tahun.

“Awal penilaian oleh ACI sejak 2012, nilai Customer Satisfaction Index (CSI) Bandara I Gusti Ngurah Rai adalah 2,95. Akhir 2015, nilai CSI kami meningkat menjadi 4,74. Artinya, dalam kurun waktu tiga tahun ini kami berhasil meningkatkan kualitas layanan 60,7%,” jelas Trikora.

Dalam melaksanakan survei, ACI berpegang pada 34 layanan kunci yang menjadi indikator kepuasan penumpang. Dimulai dari akses menuju bandara, fasilitas check-in, kelengkapan dan kebersihan toilet, keamanan lingkungan bandara, serta fasilitas penunjang pelayanan di bandara, seperti ketersediaan toko yang menjual makanan dan minuman.

“Kami berupaya mendongkrak peningkatan pelayanannya dengan mengedepankan sisi kreativitas, serta melakukan terobosan dalam penyediaan fasilitas yang menunjang kenyamanan pengguna jasa bandara. Kami lengkapi fasilitas seperti playground, air siap minum, wifi, internet corner, troli, kursi roda, music corner, serta beberapa fasilitas lainnya. Kami juga menghadirkan thematic event. Secara rutin, kami memberikan suguhan pagelaran budaya Bali di dalam bandara. Dengan sajian hiburan dan dekorasi unik di terminal, kami berharap penumpang akan semakin betah dan nyaman saat berada di Bandara I Gusti Ngurah Rai,” katanya.

Trikora juga menambahkan, upaya perbaikan dan peningkatan layanan akan terus dilakukan. “Sejalan dengan visi perusahaan kami, yaitu untuk menjadi salah satu dari sepuluh perusahaan pengelola bandara terbaik di Asia, Bandara I Gusti Ngurah Rai dapat terus memberikan dan meningkatkan pelayanan terbaik kepada seluruh pengguna jasa bandara,” tegasnya. [Arif Haryanto]

One thought on “Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali, The Most Improved Airport in Asia-Pacific 2015

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *