Bandara Adi Soemarmo Solo Buka Sampai Tengah Malam

Solo – Bandara Adi Soemarmo mendapat izin perpanjangan operasi hingga pukul 24.00 WIB dari jam buka 06.00 WIB. Sebelumnya, bandara ini hanya beroperasi 06.00 WIB-21.00 WIB.

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, pada 23 Februari lalu telah menyetujui perpanjangan jam operasional tiga bandara, yakni Bandara Adi Soemarmo Solo, Bandara Adi Sutjipto Jogja, dan Bandara Husein Sastranegara Bandung. Perpanjangan jam operasional ini merupakan tindak lanjut pembicaraan dengan Kepala Staf TNI Angkatan Udara.

General Manager (GM) Angkasa Pura Airports Bandara Adi Soemarmo, Abdullah Usman, berharap perpanjangan waktu operasional bandara dapat meningkatkan kapasitas dan pelayanan penerbangan. Selain itu, juga untuk mendukung konektivitas penerbangan dan sektor pariwisata.

“Izin perpanjangan jam operasional sudah keluar. Kami siap melaksanakan. Namun belum diimplementasikan karena belum ada maskapai yang mengajukan jadwal baru atau perubahan jadwal,” ungkap Usman, Senin (6/3).

Menurut dia, perpanjangan jam operasional merupakan permintaan dari maskapai mengingat jumlah penerbangan terus bertambah. Saat ini jumlah penerbangan di Bandara Adi Soemarmo sebanyak 68 jadwal per hari. Pertengahan tahun lalu, jadwal penerbangan hanya 20 penerbangan.

“Kami sudah sampaikan perpanjangan jadwal ini ke airline supaya mereka bersiap untuk pengajuan jadwal baru. Kemungkinan yang paling dekat penambahan jadwal adalah dari Lion Air yang akan membuka lima rute baru menuju Sumatra, di antaranya ke Medan, Palembang, dan Lampung,” ujarnya.

Selain itu, Air Asia juga berencana mengubah jadwal penerbangan Solo-Denpasar dari yang sebelumnya tiga kali sepekan menjadi setiap hari. Namun diakuinya, rencana tersebut baru disampaikan secara lisan, belum dalam bentuk tertulis.

Dia mengatakan meski jadwal malam, potensinya cukup besar, apalagi Lion Air yang memanfaatkan Solo sebagai hub atau penghubung. Bagi Lion Air, Solo merupakan kota tujuan terakhir dari rotasi pesawat dan remain over night (ROB) atau menginap.

Pada Minggu (5/3) diadakan acara puncak perayaan ulang tahun ke-53 Angkasa Pura Airports. Sebelumnya berbagai kegiatan, seperti lomba olahraga, dan lomba burung tingkat nasional, telah diadakan untuk perayaan ulang tahun yang jatuh pada 20 Februari. “Di ulang tahun ke-53 ini diharapkan Angkasa Pura Airports lebih sukses, dan Bandara Adi Soemarmo mampu bersaing serta memberi layanan lebih baik,”.

Ketua Association of the Indonesian Tours and Travel Agencies (Asita) Solo, Daryono, menyambut positif perpanjangan jam operasional bandara. Penambahan jam operasional membuka peluang dibukanya lebih banyak peberbangan menuju Solo. Salah satu yang potensial adalah penerbangan menuju Sumatra. [Sumber: Solo Post]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *