Angkasa Pura I Juara Umum PRIA 2017

Kuta – PT Angkasa Pura I (Persero) meraih Trofi Platinum sebagai Juara Umum kompetisi Public Relations Indonesia Awards (PRIA) 2017 Kategori BUMN. Trofi ini merupakan apresiasi tertinggi yang diberikan oleh PR Indonesia kepada institusi yang telah menghimpun penghargaan terbanyak di hampir semua lini kategori PRIA 2017. Penghargaan diberikan pada puncak acara bertema “Karya PR Indonesia untuk Bangsa” dan disaksikan oleh lebih dari 300 insan PR lintas sektor di Hotel Harris Sunset Road, Kuta, Bali, Jumat (24/3/) lalu.

Angkasa Pura Airports meraih dua trofi gold (Kategori Website Korporat dan Kategori Video Profile), dua trofi bronze (Kategori Digital Magazine dan Kategori Marketing PR), serta penghargaan Kategori Media Relations. Tak pelak, sore itu menjadi momen spesial bagi Angkasa Pura I, karena dengan raihan 2 gold, 2 bronze, dan 1 penghargaan membuat Angkasa Pura I berhasil menyabet trofi platinum atau gelar juara umum pada ajang yang baru pertama kali diikuti ini.

“Penghargaan ini merupakan pengakuan para pakar komunikasi di Indonesia terhadap kerja keras kami, khususnya petugas di bidang public relation atau humas di kantor pusat maupun di cabang bandara, untuk memenuhi kebutuhan publik akan informasi jasa dan layanan kami sebagai pengelola 13 bandara di wilayah tengah dan timur Indonesia. Hal ini menjadi motivasi bagi kami untuk lebih baik lagi dan responsif dalam mengelola saluran komunikasi dan memberikan layanan informasi bagi publik,” kata Corporate Communication Department Head PT. Angkasa Pura I (Persero) Awaluddin.

PRIA adalah apresiasi yang diberikan oleh PR Indonesia untuk mengukur kinerja dan kredibilitas insan PR selama setahun. Proses penjurian berlangsung sepanjang awal Februari hingga pertengahan Maret 2017, melibatkan 13 juri, dan diikuti oleh 237 entri. Mereka berkompetisi untuk memperebutkan kursi terbaik di lima kategori. Kategori yang dimaksud mencakup Media Relations, Media Internal (Media Cetak, Digital Media, Website, Video Profile, New Media), Program PR (Government PR, Corporate PR, Digital PR, Marketing PR),  Departemen PR, dan CSR. “Inilah pestanya para insan PR,” kata Asmono Wikan, founder dan Chief Editor PR Indonesia.

Magdalena Wenas, Presiden PR Society Indonesia, salah satu juri kategori Program PR dan Departemen PR mengaku terkejut karena menemukan banyak program dan kinerja PR yang disampaikan peserta melebihi ekspektasi. “Makin ke sini pemahaman mereka terhadap program dan departemen PR makin terintegrasi,” kata Presiden PR Society Indonesia. Sementara Arif Prabowo yang didapuk sebagai juri untuk kategori yang sama mencari pemenang yang memenuhi tiga aspek: konsep menarik, implementasi yang dikawal dengan baik, dan hasil yang juga bagus. “Umumnya, kelemahan PR ada pada kekurangmampuan melihat big picture dari posisinya sebagai PR,” kata VP Corporate Communication PT Telkom Tbk itu.

Bekerja sama dengan iSentia, perusahaan media monitoring dan media intelijen terkemuka, PR Indonesia memantau volume pemberitaan positif untuk 666 kandidat dari berbagai korporasi, lembaga, perusahaan, dan pemerintah daerah di 24 koran nasional, 40 koran daerah, 110 majalah sepanjang periode 1 Januari 2016-31 Desember 2016. Mereka yang masuk ranking sepuluh besar di tiap sektor dan lolos verifikasi akan menjadi pemenang kategori Media Relations.

Sebagai informasi, Angkasa Pura I memiliki website korporat (www.ap1.co.id) sebagai rumah informasi korporat yang terintegrasi dengan website 13 cabang bandara di mana website cabang bandara ini berisi informasi rinci mengenai spesifikasi bandara, penerbangan, dan informasi kegiatan bandara. Selain itu, Angkasa Pura I juga memiliki saluran media sosial di Facebook (AngkasaPura.Airports), Instagram (AP_Airports), Twitter (AP_Airports), dan Line (AP_Airports) di mana saluran ini publik dapat berinteraksi langung mengenai kegiatan-kegiatan korporat Angkasa Pura I. Untuk layanan pelanggan, publik bisa menggunakan jalur contact center 172 atau email cc172@ap1.co.id atau melalui akun media sosial di Twitter (@Angkasapura172) dan Facebook (AngkasaPura172).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *