Angkasa Pura I Gandeng Bank Mandiri Salurkan Dana Bina Lingkungan

JAKARTA – PT Angkasa Pura I (Persero) dan PT Bank Mandiri (Persero), Tbk. melakukan penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) tentang Penyaluran Dana Bina Lingkungan. Penandatangan MoU dilakukan oleh Direktur Utama Angkasa Pura I Tommy Soetomo dan Direktur Utama Bank Mandiri Zulkifli Zaini, bertempat di Plaza Mandiri, Jakarta, Jumat (20/4).

Menurut Tommy Soetomo, yang melatarbelakangi penandatanganan MoU antara Angkasa Pura I dengan Bank Mandiri ini adalah dalam rangka sinergi antar BUMN sesuai instruksi Menteri BUMN yang tertuang dalam KEP-109/MBU/2002 dan juga Peraturan Menteri BUMN No. PER-05/MBU/2007 tentang Program Kemitraan BUMN dengan Usaha Kecil dan Program Bina Lingkungan. “Diharapkan dengan pengalaman, kemampuan sumber daya, dan keluasan jaringan yang dimiliki antar kedua belah pihak dapat membawa manfaat yang besar bagi masyarakat,” ujar Tommy.

Direktur Utama Bank Mandiri Zulkifli Zaini mengatakan, diperlukan sinergi yang baik untuk memberikan kontribusi bagi perbaikan kesejahteraan seluruh rakyat Indonesia. “BUMN merupakan pilar perekonomian nasional. Karena itu, kami ingin lebih berkontribusi dalam upaya perbaikan kesejahteraan masyarakat, dan bagi Bank Mandiri kerjasama ini merupakan salah satu dari upaya kami untuk dapat terus tumbuh bersama Indonesia,” kata Zulkifli.

Penyaluran dana bina lingkungan yang akan dilakukan bersama antara Angkasa Pura I dan Bank Mandiri berbentuk bantuan bagi korban bencana alam, bantuan pendidikan dan pelatihan, peningkatan kesehatan, pengembangan sarana dan prasarana umum, sarana ibadah, serta pelestarian alam.

Sebagai langkah konkret, Angkasa Pura I dan Bank Mandiri akan segera merealisasikan pengadaan kendaraan ambulans di sekitar bandara yang berada di bawah pengelolaan Angkasa Pura I, penyediaan puskesmas keliling dan pembangunan posyandu di Bandara Internasional Lombok, serta pemberian bantuan peralatan sekolah bagi sekolah yang terkena dampak proyek pengembangan Bandara Ngurah Rai di Bali. Selain itu Angkasa Pura I dan Bank Mandiri juga akan membangun sarana air bersih di beberapa wilayah sekitar bandara yang dikelola Angkasa Pura I.

Selain itu, diharapkan kerjasama antara Angkasa Pura I dan Bank Mandiri ini tak hanya terbatas pada penyaluran dana bina lingkungan, namun juga di bidang strategis lainnya. Sebagaimana diketahui, bahwa Angkasa Pura I tengah melakukan ekspansi pengembangan bandara di beberapa wilayah untuk meningkatkan pelayanan kepada pengguna jasa sekaligus untuk  meningkatkan pendapatan non-aeronautika sebagai bagian kebijakan strategis manajemen. [AH]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *