Angkasa Pura I Gandeng Apindo untuk Salurkan Dana ke UKM dan Didik Mitra Binaan

JAKARTA – PT Angkasa Pura I (Persero) menggandeng Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) untuk menyalurkan dana program kemitraan dan pendidikan bagi mitra binaan Angkasa Pura Airports yang tersebar di seluruh Indonesia. Kerjasama ini ditandai dengan penandatanganan kesepakatan oleh Direktur Utama Angkasa Pura Airports Tommy Soetomo dan Ketua Umum Apindo Sofjan Wanandi di Gedung Grha Angkasa Pura I, Jakarta, Selasa (11/9).

“Dana bantuan yang akan diberikan kepada UKM ini berupa pinjaman lunak dengan bunga sebesar 6 persen per tahun. Dana tersebut akan terus diputar untuk meningkatkan kemampuan usaha UKM. Sampai saat ini dana out going (sudah diberikan) sebesar Rp 223 miliar. Tahun ini akan dikeluarkan lagi sebesar Rp 6 miliar untuk program kemitraan ini,” ujar Tommy.

Dana sebesar itu, lanjut Tommy, merupakan 1 persen dari keuntungan Angkasa Pura Airports di tahun lalu yang besarnya mencapai Rp 600 miliar. Selain dana kemitraan, Angkasa Pura Airports juga mengalokasikan dana untuk program bina lingkungan, yaitu sebesar 3 persen dari keuntungan tahun lalu, atau sekitar Rp 18 miliar.

Sementara Sofjan Wanandi mengatakan, pihaknya akan mengarahkan bantuan tersebut ke UKM-UKM yang berada di wilayah Indonesia bagian timur. Menurutnya, selain sesuai dengan keberadaan bandara-bandara yang di bawah manajemen Angkasa Pura Airports, UKM di kawasan Indonesia timur juga sangat banyak dan butuh bantuan. “Padahal mereka memiliki potensi yang besar untuk meningkat dan naik kelas menjadi usaha yang lebih besar,” kata Sofjan.

“Semoga program kemitraan dan bina lingkungan Angkasa Pura Airports ini bisa menciptakan pertumbuhan ekonomi yang seimbang. Kerjasama ini akan saling menguatkan karena Apindo yang paling mengerti pengusaha,” imbuh Tommy. [Arif Haryanto]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *