Angkasa Pura Airports Raih Penghargaan IT & TELCO 2016

Jakarta – Angkasa Pura Airports berhasil meraih penghargaan pada ajang Top IT & TELCO 2016 untuk kategori “Top IT Implementation on Airport Sector“. Penghargaan diterima langsung oleh Direktur Keuangan dan Teknologi Informasi Angkasa Pura Airports, Novrihandri dan disaksikan langsung oleh Menteri Komunikasi dan Informasi (Kominfo) RI, Rudiantara di Balai Kartini, Jakarta, Rabu (23/11).

“Penghargaan  ini merupakan apresiasi atas implementasi teknologi informasi di bandara-bandara di bawah pengelolaan Angkasa Pura Airports. Implementasi TIK di Angkasa Pura Airports dilakukan berdasarkan lima prioritas program TIK yaitu revenue safeguarding, revenue deepening, revenue enhancement, operation excellence, dan service excellence. Ke depannya, kami berkomitmen untuk terus meningkatkan fungsi TIK untuk meningkatkan kinerja, pelayanan, dan bisnis Angkasa Pura Airports,” ujar Novrihandri.

Top IT & TELCO merupakan penghargaan tertinggi dan terbesar di Indonesia yang diberikan kepada perusahaan, instansi pemerintah dan vendor TI TELCO yang dinilai berhasil dalam hal pemanfaatan TI & TELCO untuk meningkatkan kinerja, daya saing bisnis dan layanannya di Indonesia.

Rudiantara dalam sambutannya mengatakan bahwa Top IT & TELCO 2016 merupakan ajang yang sangat relevan dengan kebijakan pembangunan nasional yang mendorong berkembangnya ekonomi digital di Indonesia. “Untuk melakukan transformasi digital, perusahaan dituntut untuk dapat mengubah model bisnisnya, menyusun strategi efektif yang mampu menghadirkan nilai teknologi yang tepat,” ujar Rudiantara.

Penilaian TOP IT & TELCO 2016 dinilai berdasarkan kuesioner dan wawancara independen oleh dewan juri. Dari proses penjurian ditetapkan 41 perusahaan dan 14 instansi pemerintah yang mendapatkan penghargaan Top IT & TELCO 2016.

Dalam penghargaan ini Angkasa Pura Airports dinilai berhasil dalam hal implementasi TI & TELCO di sektor Bandar Udara. Angkasa Pura Airports telah mengimplementasikan sistem teknologi informasi dan komunikasi (TIK) diberbagai tingkat. Pada sisi Sistem Operasi Bandara (Airport Operation System) sebagai inti sistem, terdapat berbagai implementasi sistem seperti Sistem Informasi Operasi dan Komersial (SIOPSKOM), Airport Operation Database (AODB), Flight Information Data System (FIDS), Baggage Handling System (BHS), Sistem Informasi Terminal Cargo (SITEC), Common Use Control System (CUCS), dan Passenger On Ticket System (POTS).

Sementara itu pada area pendukung seperti fasilitas bandara (airport facilities) juga telah diimplementasikan sistem TIK seperti Building Information System (BIS), Building Automation System (BAS), ERP Plant Maintenance, ERP Material Management, dan Point of Sales System (POSS). Pada area pendukung lainnya seperti airport landside system telah diimplementasikan parking management system dan taxi management system. Sedangkan pada area airport safety and security telah diimplementasikan CCTV, access control, airport safety and security alarm, dan command & control yang masih dikembangkan.

Top IT & TELCO 2016 diselenggarakan oleh majalah Itech bekerja sama dan didukung oleh asosiasi IT TELCO seperti ASPEKTI (Asosiasi Perusahaan Konsultan Telematika Indonesia), IKTII (Ikatan Konsultan TI Indonesia), MASTEL (Masyarakat Telematika Indonesia), ATSI (Asosiasi Penyelenggara Telekomunikasi Seluruh Indonesia), ABDI (Asosiasi Biga Data Indonesia), FORTI (Forum TI BUMN) serta didukung oleh Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kominfo) RI dan beberapa lembaga lainnya. [AD]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *