Angkasa Pura Airports Raih Penghargaan BUMN Performance Excellence Award 2017

JAKARTA – Angkasa Pura Airports berhasil meraih predikat “Good Performance” pada ajang BUMN Performance Excellence Award (BPEA) 2017 berbasis Kriteria Penilaian Kinerja Unggul (KPKU)  yang diselenggarakan oleh Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) melalui Forum Ekselen BUMN (FEB). Piagam penghargaan Performance Excellence Award 2017 diterima langsung Direktur Pemasaran dan Pelayanan Angkasa Pura I Moch. Asrori di Kantor Pusat BNI, Jakarta, Senin (6/11/2017).

“Penghargaan ini merupakan apresiasi atas kinerja unggul, perbaikan di internal serta komitmen dari Angkasa Pura Airports yang terus menjaga dan menyelenggarakan tata kelola perusahaan yang baik. Melalui penerapan dan pengukuran KPKU, kami berkomitmen akan terus meningkatkan kinerja serta daya saing perusahaan di masa mendatang,” ujar Direktur Pemasaran dan Pelayanan Angkasa Pura Airports, Moch. Asrori.

BPEA tahun 2017 merupakan yang pertama dan memberikan penghargaan kepada 51 BUMN yang telah dinilai memiliki Excellence Level Band minimal Good Performance. Ada 33 BUMN mendapat penghargaan dengan predikat Good Performance, 14 BUMN dengan predikat Emerging Industry Leader dan 4 BUMN dengan predikat Industry Leader. Semua ini terpilih dari 96 BUMN yang telah mengikuti assessment oleh Tim Asesor KPKU dan yang telah mengikuti seluruh proses pendampingan  assessment oleh Forum Ekselen BUMN.

Proses Assessment KPKU pada BUMN dilaksanakan sesuai dengan kebijakan  dari Kementerian BUMN, dalam hal ini Deputi Bidang Infrastruktur Bisnis. Assessment  KPKU pada BUMN telah dilakukan sejak  tahun 2012.  Assessment ini pada awalnya hanya diikuti oleh 25 BUMN, namun pada assessment KPKU terakhir telah diikuti oleh 96 BUMN dari 118 BUMN. Angkasa Pura Airports sendiri telah mengikuti proses Assesment KPKU sejak tahun 2013.

Penilaian KPKU fokus kepada lima kriteria yaitu Keuangan dan Pasar, Fokus Pelanggan, Efektivitas Produk dan Proses, Fokus Tenaga Kerja, Kepemimpinan, Tata Kelola dan Tanggung Jawab Kemasyarakatan. Berdasarkan hasil Assessment KPKU BUMN 2016 terhadap penilaian mengenai Most Strength, OFI (Opportunity For Improvement), dan tingkat ekselensi, Angkasa Pura Airports berhasil meraih predikat “Good Performance” dengan skor 537,25 atau meningkat 3,3% jika dibandingkan dengan tahun 2015 dengan raihan skor 520. [AD]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *