Angkasa Pura Airports Raih Indonesian Quality Award 2012

JAKARTA – PT Angkasa Pura I (Persero) berhasil meraih Indonesian Quality Award (IQA) 2012 dalam klasifikasi penilaian “Early Improvement”. Penghargaan ini diterima langsung oleh Sekretaris Perusahaan Angkasa Pura Airports Miduk Situmorang, bertempat di Hotel Mulia, Jakarta (21/11).

“IQA adalah penghargaan pencapaian kinerja ekselen organisasi yang diukur berdasarkan hasil asesmen menurut kriteria Malcolm Baldrige. Hasil penilaian tahun ini, Angkasa Pura Airports berhasil meraih skor 432, lebih baik daripada tahun lalu dengan skor 407,” ujar Miduk.

IQA merupakan penghargaan yang diselenggarakan oleh IQA Foundation dan diberikan setiap tahun sejak 2005. Participant dalam penghargaan ini adalah perusahaan BUMN dan swasta, dan dikembangkan untuk dapat diikuti juga oleh sektor non-profit/pemerintahan, sektor pendidikan, dan sektor kesehatan. Kegiatan ini didukung oleh beberapa kementerian, seperti Kementerian Negara BUMN, Kementerian Perindustrian, Kementerian Perdagangan, Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Kementerian Negara Ristek, dan BKPM. Selain itu kegiatan ini juga didukung oleh berbagai institusi lainnya seperti KADIN Indonesia dan kalangan perguruan tinggi.

Sekitar 76 negara di dunia termasuk di Asia dan Eropa juga telah mengadopsi Kriteri Baldrige ini untuk digunakan sebagai standar dalam penilaian kinerja ekselen organisasi atau perusahaan. IQA melakukan penilaian berdasarkan kriteria kinerja ekselen berbasis Malcolm Baldrige atau Malcolm Baldrige Criteria for Performance Excellence (MBCfPE).

MBCfPE merupakan framework yang digunakan sebagai alat untuk mendiagnosa kinerja organisasi/perusahaan secara menyeluruh dan feedback berdasarkan hasil diagnosa tersebut digunakan untuk menuntun perusahaan memperbaiki kinerjanya menuju excellence. Hasil diagnosa diperoleh melalui proses asesmen dalam bentuk feedback report yang terdiri dari “Strength” dan “Opportunity for Improvement (OFI) yang membimbing perusahaan untuk membangun sistem bisnis yang lebih unggul. [Arif Haryanto]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *