Angkasa Pura Airports Implementasikan Tahap Pertama Proyek ERP

JAKARTA – PT Angkasa Pura I (Persero) secara resmi mengumumkan implementasi Enterpise Resource Planning (ERP) untuk membangun sistem terkait Modul Keuangan dan Integrasi Fungsi Pendapatan. Implementasi ini merupakan tahap pertama dari empat tahapan roadmapproyek implementasi ERP yang merupakan rancangan besar strategi teknologi informasi PT Angkasa Pura I (Persero) untuk mendukung pencapaian visi dan misi perusahaan perusahaan.

“Implementasi sistem terintegrasi seperti ini menjadikan Angkasa Pura Airports selangkah lebih maju untuk menuju pencapaian visi perusahaan, yaitu menjadi salah satu dari sepuluh perusahaan pengelola bandar udara terbaik di Asia. Tentunya implementasi sistem terintegrasi seperti ini tidak akan berhenti sampai di sini. Tahap berikutnya akan segera diimplementasikan Modul Komersial,” ujar Direktur Utama PT Angkasa Pura I (Persero) Tommy Soetomo, pada acara Implementasi ERP Tahap I SAP-Go Live di Kantor Pusat Angkasa Pura Airports, Jakarta (2/1).

Sistem ini secara serentak akan diimplementasikan di Kantor Pusat dan 13 Cabang PT Angkasa Pura I (Persero) di seluruh Indonesia. Selain itu juga akan digunakan di Makassar Air Traffic Service Center (MATSC) serta proyek-proyek pengembangan bandara (Proyek Pengembangan Bandara Internasional Ngurah Rai – Bali dan Proyek Pengembangan Bandara Internasional Sepinggan – Balikpapan), dengan fokus utama pada fungsi keuangan dan integrasinya dengan fungsi pendapatan. “Dengan demikian diharapkan proses keuangan dan komersial di Angkasa Pura Airports dapat berjalan secara cepat, tepat, dan real time,” imbuh Tommy.

Menurut Tommy, kebutuhan akan sebuah sistem yang terintegrasi seperti ini akan menjadi platform yang strategis bagi perusahaan. “Hal ini kami lakukan untuk dapat memberikan layanan yang terbaik bagi pelanggan dan memenuhi tujuan yang ingin dicapai oleh para stakeholder,” kata Tommy.

Proyek implementasi ERP Angkasa Pura Airports tahap pertama ini sebenarnya telah berlangsung sejak April 2012 dan dapat berjalan sesuai waktu yang telah ditetapkan, yaitu selama sembilan bulan. Keberhasilan ini tak terlepas dari dukungan Direksi serta sinergi antara key user, end user, serta pihak konsultan dari ABeam Consulting.

Sistem ERP mengintegrasikan informasi manajemen, baik internal maupun eksternal dari seluruh fungsi perusahaan, diantaranya meliputi fungsi keuangan/akuntansi, manufaktur, sales and servicecustomer relationship management, dan lain-lain. ERP bertujuan untuk memfasilitasi arus informasi antara seluruh fungsi dalam organisasi dan mengelolanya untuk membina hubungan dengan stakeholder eksternal.

ERP memungkinkan terjadinya otomasi seluruh aktivitas fungsi-fungsi dalam perusahaan. Implementasi sistem ERP Angkasa Pura Airports ini menggunakan SAP, software aplikasi terkemuka dari Jerman. SAP telah digunakan oleh banyak perusahaan terkemuka di dunia dari semua kelas. [Arif Haryanto]

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *