Angkasa Pura Airports Gelar Pelatihan Kewirausahaan bagi Warga Kulon Progo

 

news-994

Yogyakarta – Warga di area pembangunan bandara baru Yogyakarta di Kecamatan Temon, Kabupaten Kulon Progo, mendapatkan pelatihan khusus yang digelar Angkasa Pura Airports selama dua hari, 14-15 November 2016. Kegiatan ini berlangsung di Balai Desa Palihan, Kecamatan Temon, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta.

Bekerja sama dengan PT Permodalan Nasional Madani (PNM),  Pelatihan Kewirausahaan Angkasa Pura Airports Peduli ini diikuti 41 peserta dengan rata-rata usia 30-60 tahun, yang berasal dari lima desa di Kecamatan Temon, yaitu Desa Glagah, Palihan, Sindutan, Jangkaran, dan Kebonrejo.

Kegiatan ini merupakan salah satu upaya Angkasa Pura Airports dalam memberdayakan masyarakat di Kabupaten Kulon Progo, khususnya masyarakat di wilayah terdampak pembangunan bandara baru di Kulon Progo.

Pelatihan kewirausahaan dikemas semenarik mungkin dengan dituangkan ke dalam bentuk diskusi, serta evaluasi kiat dan strategi dalam melihat problematika dan tantangan membangun dan mengembangkan usaha.

Selain itu, seluruh peserta pelatihan juga dikenalkan terhadap peluang pengembangan usaha ke depan, dengan tujuan masyarakat dapat dengan bijak mengelola keuangan pasca menerima pembayaran ganti untung pengadaan lahan pembangunan bandara baru Yogyakarta di Kulon Progo.

General Manager Bandara Adisutjipto Yogyakarta, Agus Pandu Purnama, menyampaikan bahwa tujuan diselenggarakannya pelatihan ini bagi warga terdampak di wilayah Kulon Progo ialah supaya masyarakat di desa terdampak pembangunan Bandara Baru Yogyakarta mampu membuka peluang usaha serta memperluas jaringan.

“Kami berharap pelatihan ini dapat memberikan manfaat bagi warga Kulon Progo, khususnya di sekitar Kecamatan Temon ini. Warga kelima desa terdampak diharapkan dapat termotivasi untuk mengelola dananya secara produktif, serta dapat terus memperkuat daya saing, baik dalam segi pengelolaan manajemen, usaha,  produk,  hingga pemasarannya, mengingat persaingan usaha yang semakin ketat,” tegas Agus Pandu Purnama saat menyampaikan sambutan sekaligus membuka acara.

Seluruh warga yang hadir sebagai peserta menyambut baik tujuan kegiatan bertajuk “Dua Hari Bisa Jadi Pengusaha”. Peserta tampak antusias dalam mengikuti sharing dan diskusi mengenai pengalaman dan peluang usaha ke depannya. [Humas Bandara Adisutjipto]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *