Angkasa Pura Airports Gelar Kegiatan Donor Darah Memperingati HUT dan Bulan K3 Nasional

Jakarta – Dalam rangka memperingati Bulan Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) Nasional yang diperingati tanggal 12 Januari – 12 Februari sekaligus merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) Angkasa Pura Airports yang ke-52 tahun 2016, Angkasa Pura Airports mengadakan kegiatan donor darah bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kramat, Jakarta Pusat. Kegiatan donor darah ini bertempat di Grha Angkasa Pura I pada hari ini, Senin (15/02).

“Kita ingin menyukseskan Bulan K3 Nasional dan HUT Angkasa Pura Airports yang ke 52, ini merupakan sumbangsih dari Angkasa Pura Airports kepada lingkungan sekitar perusahaan melalui acara donor darah,” ujar Dedi Ruhiyat, Safety, Health, and Environment Department Head Angkasa Pura Airports. Acara yang diadakan mulai pukul 09.00 WIB hingga 11.30 WIB tersebut berhasil menarik antusiasme peserta. Sejak pagi hari, banyak orang sudah mendatangi Gedung Serbaguna Grha Angkasa Pura I untuk mendaftarkan diri sebagai donatur darah.

Total pendonor yang mendaftarkan diri sejumlah 120 orang. Dari total peserta tersebut, yang memenuhi kriteria medis donor darah sebanyak 95 orang. Terdapat 25 orang yang batal menjadi pendonor dikarenakan kondisi fisik yang kurang mendukung, misalnya kadar hemoglobin dan tekanan darah yang rendah.

Kegiatan donor darah sendiri bermanfaat untuk pembaharuan sel darah secara rutin, dan dapat menurunkan resiko terhadap kanker dan serangan jantung. “Donor darah dapat menjaga kesehatan dan meremajakan darah kita sehingga dalam bekerja kita menjadi lebih prima, makanya jangan takut untuk donor darah,” ujar Dedi berpesan untuk mengingatkan tentang manfaat donor darah.

Untuk ke depannya, kegiatan donor darah ini akan lebih sering diadakan oleh Angkasa Pura Airports untuk memfasilitasi para donatur aktif. Mengingat animo pendonor yang cukup besar, dan kebanyakan peserta tergolong sebagai pendonor aktif, maka ke depannya kegiatan donor darah diharapkan bisa lebih sering dilaksanakan di Angkasa Pura Airports.

Para peserta bukan hanya berasal dari kalangan pegawai Angkasa Pura Airports, namun juga berasal dari pegawai anak perusahan, serta instansi-instansi di sekitar Angkasa Pura Airports, seperti Gapura, Dapenra Dinas Pemadam Kebakaran, BMKG, Balai Kesehatan Penerbangan dan BNI. [NF/CM]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *