Angkasa Pura Hotels dan Accor Teken Kerjasama Manajemen

JAKARTA – PT Angkasa Pura I (Persero) melalui anak usahanya Angkasa Pura Hotels (APH) menandatangani kesepakatan manajemen dan konsultasi servis hotel dengan Accor Asia Pacific Indonesia (AAPC Indonesia) sebagai awal pengoperasian Ibis Budget APH Surabaya Airport dan Ibis Budget APH Makassar Airport. Penandatangan kesepakatan ini dilakukan oleh Dirut Angkasa Pura Hotels Widodo Marmer, Dirut Angkasa Pura Tommy Soetomo, serta Presiden Director AAPC Indonesia Gerard Guillouet, di Grha Angkasa Pura I, Kamis (3/5).

Menurut Widodo Marmer, penandatangan kerja sama ini merupakan kelanjutan dari MoU antara AP I dan Accor pada 23 Juli 2011, kemudian dilanjutkan dengan pendirian Angkasa Pura Hotels pada 6 Januari 2012. “Setelah kick-off ceremony yang menandakan dimulainya proses konstruksi pembangunan Ibis Budget Hotels di Surabaya dan Makassar bulan lalu, kami menargetkan Angkasa Pura Hotels tersebut dapat mulai beroperasi pada November 2012,” katanya.

Alasan utama Angkasa Pura Hotels memilih Surabaya dan Makassar untuk pembangunan hotelnya, karena kedua kota itu dipercaya memiliki pangsa pasar untuk daerah transit. “Karena kalau ada masalah, pasti semua airlines mencari hotel terdekat. Ini segmen pasar kami, dan world frame marketing kita,” imbuh Widodo.

“Kedua hotel ini diharapkan mampu berkontribusi terhadap pendapatan perseroan. Kami memilih Accor Asia Pacific untuk mengoperasikan budget hotel di dua bandara internasional milik kami karena melihat Accor adalah satu pengelola jaringan hotel terbesar dan terbaik di dunia,” imbuh Direktur Komersial dan Pengembangan Usaha Angkasa Pura I Robert D Waloni.

Sementara Guillouet mengungkapkan, Hotel Ibis Budget ini mengedepankan konsep efisiensi. “Produk kami sangat kuat, dan memberi kenyamanan bagi pelanggan hotel. Jaringan hotel kami ada 1.500 hotel di seluruh dunia, terbesar secara jaringan di dunia,” ujarnya.

Rencananya, Ibis Budget APH Surabaya Airport akan berdiri di lahan seluas 3416 m2, dan menyediakan fasilitas hotel berstandar dunia dengan 144 kamar, 5 meeting room, 4 meeting lounge, breakfast area, dan business centre. Sedangkan Ibis Budget APH Makassar Airport yang berdiri di area seluas 3225 m2 menyediakan fasilitas 121 kamar, 4 meeting room, bridge cafe, dan breakfast area. [AH]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *