Dua Belas BUMN Bersinergi dalam Spirit Joglosemar

Foto-Bersama-Penandatanganan-MoU-Sinergi-BUMN

Angkasa Pura Airports sangat mendukung pengembangan pariwisata Joglosemar, diantaranya dengan penambahan Terminal B dan penambahan parking stand di Bandara Adisutjipto.

Yogyakarta – Rabu pagi (27/04) Menteri BUMN, Rini Soemarno mendarat di Bandara Adisutjipto Yogyakarta dan disambut President Director Angkasa Pura Airports. Diiringi alunan gendhing Jawa yang dimainkan oleh pemain gamelan di Terminal Kedatangan Domestik Bandara Adisutjipto, rombongan bergerak menuju Stasiun Maguwo melalui koridor penghubung underpass Bandara Adisutjipto untuk melaksanakan soft launching program “Spirit Joglosemar” transportasi intermoda.

Program “Spirit Joglosemar” yang merupakan inisiatif Kementerian BUMN  bertujuan untuk mengembangkan dan membangun kepariwisataan khususnya di wilayah Yogya, Solo, dan Semarang (Joglosemar).

Secara khusus, “Spirit Joglosemar” terdiri dari empat program, yaitu program pengembangan destinasi dan event, program terkait pengembangan aksesibilitas infrastruktur, program terkait promosi pemasaran bersama, serta program pengembangan masyarakat dan pelestarian lingkungan yang secara khusus menjadi pesan penting dari Presiden Republik Indonesia.

Disaksikan oleh Menteri BUMN, Rini Soemarno, 12 BUMN melakukan penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) Sinergi BUMN di Gedung Trimurti, Candi Prambanan.

Kedua belas BUMN yang terlibat merupakan gabungan dari pengelola destinasi wisata (PT Taman Wisata Candi, PTPN IX,  PT Perhutani), pengelola jasa dan pendukung aksesibilitas serta konektivitas (Angkasa Pura Airports, PT KAI, PT Damri, PT Pelni, PT Pelindo III, dan PT Garuda Indonesia), serta pengelola akomodasi (Inna Hotel Group, Aerowisata, Patra Jasa).

Launching “Spirit Joglosemar”- Sinergi BUMN Hadir Membangun Pariwisata Nusantara diresmikan secara simbolis dengan pemotongan tumpeng dan penyerahan simbolis secara silang Gubernur DIY dengan Gubernur Jawa Tengah, disaksikan oleh Menteri BUMN.

“Dengan adanya Sinergi BUMN Joglosemar, diharapkan dapat membantu meningkatkan pariwisata melalui konektivitas intermoda baik darat, laut, dan udara dengan pelayanan prima. Sarana umum harus bersih dan tersedia dengan baik, sehingga setiap wisatawan merasa nyaman,” ujar Menteri Rini.

Menutup acara, Rini menyerahkan secara simbolis Penyaluran Dana Bantuan Kemitraan Triwulan I dari Angkasa Pura Airports kepada mitra binaan Bandara Adisutjipto, Yogyakarta.

“Angkasa Pura Airports sangat mendukung pengembangan pariwisata Joglosemar, diantaranya dengan penambahan Terminal B dan penambahan parking stand di Bandara Adisutjipto,” ujar President Director Angkasa Pura Airports, Sulistyo Wimbo Hardjito.

“Selain itu, untuk memberikan pelayanan prima pada penumpang, lobby Bandara Adisutjipto, Yogya, sudah dibuat bersih dan nyaman. Parkir kendaraan juga telah dipindahkan ke area yang lebih luas sehingga untuk menaikkan atau menurunkan penumpang di drop zone menjadi lebih mudah,” lanjutnya.

Selain itu, imbuh Wimbo, Angkasa Pura Airports juga menjalin kerjasama dengan KAI dan Garuda Indonesia untuk mengembangkan destinasi wisata di Solo.

“Mengingat bandara yang ada di area Joglosemar merupakan bandara internasional, tentunya juga harus didukung dengan tingkat keamanan yang tinggi. Kami akan selalu mengupayakan yang terbaik di tengah keterbatasan,” tambahnya. [Humas Bandara Adisutjipto]

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *